MAKASSAR — Eksplorer Indonesia, salah satu organisasi kepencitaalaman akan menggelar lomba panjat alam tingkat internasional di tebing Mandu Tontonan, Anggeraja, Enrekang.
Lomba yang dijadwalkan berlangsung Juli nanti itu akan dihadiri pemanjat tebing dari berbagai negara di Asia dan Eropa.

Ketua Panitia Penyelenggara, Muhammad Ruslan Zulkarnaen mengatakan lomba ini merupakan kali pertama dilaksanakan di Sulawesi Selatan. “Bahkan untuk tingkat internasional pun, ini baru yang kedua setelah di Kroasia pada tahun 2000 lalu,” katanya.

Rabu, 30 Maret kemarin, panitia pelaksana lomba melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo di ruang kerja wagub.

Kepala Dinas Pendidikan, Muhammad Noer Sanusi, Wakil Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ama Saing, dan Kepala Bagian Pemuda Biro Kesejahteraan, Agama, dan Pemberdayaan Perempuan pemprov Sulsel, Andi Ilham Gazaling turut mendampingi Wakil Gubernur.

Syahrul juga menyambut positif gagasan pemuda-pemuda Ekplorer itu. Menurut dia, kegiatan seperti ini diharapkan bisa meningkatkan animo warga untuk mengenal alam lebih dekat. Oleh karena itu, ia meminta kepada panitia agar melakukan persiapan yang lebih mantap agar perlombaan ini berjalan sukses.

“Kesuksesan kegiatan itu tidak hanya ditandai kepuasan panitia semata, tetapi juga efek samping dari kegiatan itu,” katanya. Pemerintah provinsi Sulsel, kata Syahrul tentu siap memberi bantuan dan fasilitas untuk kegiatan itu.

Wagub bahkan sudah memerintahkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel untuk mengeluarkan rekomendasi yang memudahkan proses pengadiministrasian kegiatan ini. Tetapi Syahrul juga mengimbau panitia untuk melakukan koordinasi dengan Bupati Enrekang, Latinro Latunrung.

Ruslan menambahkan lomba ini tidak sekadar bagian dari upaya mencintai alam, tetapi juga bernuansa promosi wisata. Tebing yang menjadi tempat perlombaan, kata dia, merupakan tempat wisata menarik bagi turis-turis asing.

“Tentu kita berharap tempat penyelenggaraan kegiatan itu yang sarat nuansa alami bisa menjadi tujuan wisatawan di masa-masa mendatang,” katanya.
Sumber : (pap)

Iklan