SENGKANG — Kontingen Kabupaten Enrekang berhasil mempertahankan predikat juara umum pada ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Provinsi Sulsel-Sulbar 2005.
Dengan berhasilnya merebut juara umum, maka daerah yang dijuluki Bumi Massenrempulu ini berhasil mempertahankan kembali piala bergilir kedaerahnya sekaligus mengirimkan tiga utusannya mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional yang akan dihelat Juni 2005 di Provinsi Gorontalo.

Pada STQ kali ini yang berlangsung di Sengkang, Ibukota Kabupaten Wajo, kontingen Enrekang meraih nilai 22. Tiga cabang yang diikuti yakni Tilawah, Hifzhil, dan Tafsir dengan tingkatan anak-anak (putra-putri) dan dewasa (putra-putri). Kontingen ini berhasil memperoleh tiga emas, dua perak, dan satu perunggu.

Posisi kedua ditempati kontingen Kabupaten Bone, yang juga mendapatkan tiga emas. Dengan demikian kontingen Bone ini juga akan mengirimkan tiga utusannya ke MTQ tingkat nasional mendatang. Posisi ketiga diduduki kontingen Kabupaten Pinrang dengan dua emas, dua perak, dan satu perunggu. Sementara kontingen tuan rumah Kabupaten Wajo harus puas di posisi ke empat dengan meraih satu emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Bupati Wajo, HA Asmidin atas nama Gubernur Sulsel menutup kegiatan STQ 2005. Acara penutupan tersebut berlangsung pada pukul 20.00 Wita. Dalam sambutannya Asmidin menyampaikan terimakasihnya kepada semua pihak yang mendukung kegiatan tersebut.

“Kami dari pemerintah juga berharap kepada masyarakat Wajo pada khususnya dan Sulsel umumnya, dapat bersama-sama mendukung program pemberantasn buta aksara Alquran, dan terus mengintensifkan kegiatan baca Alquran,” pinta Asmidin.

Sedangkan Kabid Penamas Kanwil Depag Sulsel Drs H Abd Rasyid yang mewakili Kakandepag Sulsel mengatakan bahwa masyarakat Wajo sangat mencintai Alquran. Terbukti dengan keberhasilannya menjadi tuan rumah yang baik. “Kami pun berharap, juara STQ kali ini dapat menjadi duta Sulsel yang meraih prestasi pada ajang MTQ Nasional di Gorontalo mendatang,” tandasnya.
Sumber : (ram-ars)