PAREPARE–Tragedi Bom Tentena Sulawesi Tengah, Sabtu 28 Mei lalu ternyata ikut merengguk jiwa salah seorang warga Enrekang Sulsel bernama Syamsul Iskandar. Syamsul menjadi korban yang tewas di tempat bersama korban lainnya.
Kapolwil Parepare, Andi Nurman Thahir SH yang ditemui wartawan, Rabu 1 Juni kemarin membenarkan, bahwa Syamsul Iskandar adalah warga Enrekang yang tinggal di Kalosi dan berprofesi sebagai pedagang di pasar Tentena, tempat tragedi tersebut terjadi.

“Syamsul itu bukan pelaku. Dia hanya seorang pedagang yang berjualan di Pasar Tentena. Keterangan ini diperoleh dari beberapa saksi dan keluarganya sendiri,” kata Nurman.

Sebelumnya, sempat ada isu bahwa Syamsul ditengara salah seorang pelaku bom bunuh diri dalam kasus bom Tentena dan memiliki jaringan yang terkait dengan beberapa peledakan bom sebelumnya. Namun, hal itu ternyata tidak benar.

Sejak Senin 31 Mei lalu, lanjut Tahir, mayat korban telah dipulangkan oleh keluarganya ke kampung halamannya, Kalosi. Namun, sejauh ini belum diketahui apakah Syamsul memiliki anak dan istri di Kalosi. Sementara korban diketahui bernama Syamsul, berdasarkan nama yang tertera pada KTP ketika dia ditemukan.

Menyangkut bagaimana kesigapan Polwil Parepare jika para buronan tersangka kasus bom Tentena itu ternyata melarikan diri ke Parepare, Syafar menegaskan, pihaknya tentu memiliki persiapan untuk mengantisipasi hal itu.

“Jelasnya, dalam menghadapi kasus ini kita akan diback-up Polda Sulsel. Dan tentunya kita tetap akan siapkan personel jika sewaktu-waktu memang dibutuhkan. Ya, mungkin itu sekitar dua peleton (sekitar 60 orang). Polda sendiri saat ini telah mengambil langkah dengan melakukan razia di perbatasan Sulsel dan Sulteng,” ungkapnya.

Soal adanya dugaan pelaku Bom Tentena berkaitan dengan pelaku kerusahan di Aralle, Tabuhan dan Mambi (ATM), menurut Nurman indikasi itu bisa jadi benar. “Yang jelas jika memang berkaitan, maka Polwil Parepare telah siap. Di ATM sudah ditempatkan 19 pos penjagaan menjaga kemungkian yang tidak diinginkan,” pungkas mantan Kadiv Humas Polda Suslel ini.
Sumber : (aci)