Pemerintah Kabupaten Enrekang berencana mengembangkan universitas, beberapa tahun ke depan. Rencana itu akan direalisasikan setelah kantor Bupati Enrekang yang baru selesai dibangun. Rencananya, bekas kantor bupati yang kini menjadi kantor gabungan dinas-dinas akan dijadikan universitas pertama di daerah penghasil hortikultur itu.
Bupati Enrekang La Tinro La Tunrung mengatakan hal itu, di Parepare, akhir pekan lalu. Menurutnya, universitas yang menfokuskan diri pada bidang pertanian itu akan diberi nama Universitas Massenrepulu.

Keberadaan universitas ini diharap bisa mendukung visi bupati yang akan menjadikan Enrekang sebagai daerah agropolitan. Enrekang dikenal sebagai pemasuk terbesar sayur mayur ke Kalimantan. Rencana pembangunan universitas itu telah mendapatkan dukungan anggota himpunan keluarga Massenrepulu (Himka) di Jakarta maupun Makassar.
Hikma, jelas La Tinro, akan mendukung finansial maupun tenaga pengajarnya. “Mungkin pada tahun 2008 baru kita realisasikan,” jelasnya.
Menurut dia, universitas itu menjadi milik pemerintah daerah yang akan dikelola dalam bentuk perusahaan daerah. “Bisa juga kelas jauh dari Unhas,” jelasnya. (eki)Tribun