ENREKANG, Badan Kepegawaian daerah (BKD) Kabupaten Enrekang telah mendata sebanyak 1.979 tenaga honor dan telah dilaporkan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) beberapa waktu lalu.
Menurut Kepala Sub Bidang Perencanaan Pengembangan Pegawai BKD Enrekang Yuyu Yuhaeni, Sabtu (7/1), jumlah honorer itu meliputi 984 orang digaji dari APBD atau APBN dan lebihnya digaji dengan sumber pembiayaan lain.
Berdasarkan hasi pendataan honorer itu diketahui tidak ada pegawai yang memiliki masa pengabdian 20 tahun atau lebih untuk mendapat prioritas pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) sekitar Februari mendatang.
Kepala BKD Enrekang Nurhasan, yang ditemui di tempat terpisah, menjelaskan, jumlah CPNS yang akan diterima terbanyak untuk formasi tenaga guru, baru paramedis, dan penyuluh pertanian.

Pemkab Enrekang mengusulkan 287 CPNS dan diterima sebanyak 260. Sedangkan untuk penerimaan tahun belum ada formasi yang diperoleh dari BKN.

Libatkan Lembaga Independen
Menurut Kepala Sub Bidang Perencanaan Pengembangan Pegawai BKD Enrekang, Yuyu Yuhaeni, pemkab sudah siap melaksanakan ujian penerimaan CPNS dan kini sedang menunggu petunjuk teknis (juknis) dan jadwal penerimaan dari pusat.
Penerimaan CPNS di Enrekang akan melibatkan lembaga independen seperti dari Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Nasional (STIA LAN). (rip)

Iklan