Makassar, Tribun — Untuk kali pertama, Gelar Budaya Sulawesi Selatan akan digelar 27-30 Mei 2006 mendatang. Kabupaten Enrekang menjadi tuan rumah hajatan tersebut. Inilah hajatan yang boleh dibilang terakbar dari seluruh acara budaya yang pernah dilaksanakan di daerah ini.
Pasalnya, pada acara tersebut rencananya akan melibatkan sedikitnya 1.500 pelaku seni dan budaya. Mereka akan tampil mempertunjukkan atraksi budaya dari masing-masing etnis di Sulsel yakni Makassar, Bugis, Mandar, Toraja, dan Massenrempulu (Maiwa, Duri, dan Enrekang). Acara ini akan dibuka Gubernur Sulsel Amin Syam.

Hal itu terungkap dalam konferensi pers yang digelar Panitia Gelar Budaya Sulsel 2006 di Aula Benteng Fort Rotterdam, Makassar, Selasa (23/5). Hadir pada jumpa pers ini di antaranya Kepala Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Provinsi Sulselra AM Said M Hum dan Irfan Mahmud MA dari Balai Arekologi Makassar (BKM).
Gelar Budaya Sulsel 2006 itu merupakan kegiatan terpadu antara Direktorat Tradisi Nilai Budaya Seni dan Film Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI serta Pemerintah Kabupaten Enrekang. Didukung UPT kebudayaan di Sulsel, yakni BKM, Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Makassar, Akademi Pariwisata, serta Jurusan Arkeologi Univeritas Hasanuddin. (jum)