Enrekang, Tribun — Gubernur Sulsel M Amin Syam akan membuka pameran gelar budaya se-Sulsel di Lapangan Abubakar Lambogo, Battili, Kabupaten Enrekang, Sabtu (27/5).
Semula, panitia mengagendakan pameran budaya ini dibuka oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik. Namun, Jero Wacik dikabarkan berhalangan.
Pameran budaya yang berlangsung 27-30 Mei ini akan menampilkan tari-tarian budaya yang mewakili etnis Bugis, Makassar, Toraja, Mandar, dan Masserempulu.

Pemkab Enrekang akan memanfaatkan acara ini untuk memperkenalkan etnis Masserempulu yang hidup dan berkembang di daerah ini.
Pemkab Enrekang turut mengundang beberapa budayawan nasional serta arkeolog internasional untuk menghadiri kegiatan ini. Acara ini akan diliput media asing, CNN dan NHK (Jepang).
Staf Kepala Sub Bidang Inkom Enrekang Eka Febriansyah menyebutkan, Rabu (24/5), pameran ini akan menampilkan juga sejumlah benda dan barang bernilai sejarah termasuk mummi atau manusia yang diawetkan berukuran 40 cm.
Enrekang menjadi tuan rumah pameran budaya ini karena dianggap memiliki situs purbakala yang bernilai tinggi. Daerah ini juga pernah menjadi tuan rumah pada tahun 1995. (rip)