MAKASSAR–Sejumlah pejabat kabupaten di Sulsel mengaku sudah siap mencairkan gaji ke-13 kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pejabat negara dalam lingkup kerja mereka. Kesiapan pemkab se-Sulsel itu, ditegaskan kepada Fajar, kemarin.Seperti diinformasikan sebelumnya (baca Fajar edisi Sabtu 16 Juni) pembayaran gaji ke-13 sudah dipastikan setelah keluarnya Perdirjen Perbendaharaan Depkeu No Per-33/PB/2007. Meski demikian, peraturan yang telah diteken Dirjen Perbendaharaan Depkeu Herry Purnomo itu, diakui pemerintah kabupaten belum dikantongi.

Asisten III Pemkab Pinrang, Islamuddin SH MH, mengatakan, pihaknya telah mengalokasikan anggaran senilai Rp12 miliar yang diperuntukkan bagi PNS dan penjabat negara.

Meski demikian, pembayaran tersebut belum dapat direalisasikan dalam waktu dekat ini. Pasalnya, kata dia berargumen, pihaknya belum mendapatkan petunjuk dari pusat terkait dengan pembayaran tersebut.

“Kami tinggal menunggu petunjuk dari pusat terkait dengan pembayaran tersebut. Kami pastikan, gaji-13 bakal dicairkan setelah petunjuk itu sudah ada di tangan kami,” ujarnya saat dikonfirmasi Fajar, kemarin.

Untuk merealisasikan janjinya, Islamuddin yang mengaku berada di Makassar saat dikonfirmasi memastikan jika pembayaran gaji-13 bakal dirampungkan pemerintah Kabupaten Pinrang bulan Juni ini.

Pernyataan senada disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Takalar, Dakhyar Daraba. Kata Dakhyar, pihaknya akan segera melakukan pembayaran jika sudah menerima surat petunjuk dari pusat. “Jika Senin (18 Juni) mendatang kita terima petunjuk (pusat), maka kita langsung bayar,” tegasnya.

Ia menambahkan, untuk tahun ini pihaknya menyediakan anggaran sebesar Rp11 miliar. Alokasi anggaran tersebut bakal dicairkan untuk membayar lima ribu pengawas plus guru-guru. Kendati demikian, jumlah ini belum mengalami pemotongan pajak.

“Bersihnya anggaran setelah jumlah itu dipotong pajak, hanya berkisar Rp9 miliar,” tambahnya.

Sementara Pemkab Enrekang baru akan membahas pembayaran gaji ke-13 tersebut pada Senin, besok. Bupati Enrekang, H Latinro Latunrung mengatakan, pihaknya belum mengambil langkah apa-apa terkait dengan pembayaran gaji-13 tersebut. Kendati demikian, dia tetap optimis jika pembayaran itu bakal dirampungkan pada bulan ini juga.

“Senin nanti (besok), mengenai jumlah anggaran dan batas waktu pembayaran baru akan ditentukan,” tukasnya.

Tahun ini, pemerintah kabupaten Enrekang bakal membayarkan gaji-13 terhadap 4.079 PNS dan penjabat negara. Rincian pembayaran ini terdiri atas tenaga guru berjumlah 1.759 orang, non guru 2.092 orang, dan petugas kesehatan berjumlah 228 orang.

Bagaimana dengan Pemkab Bulukumba dan Pemkab Bantaeng? Informasi yang diperoleh dari Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Bulukumba menyebutkan, Pemkab Bulukumba telah menyiapkan Rp14 miliar untuk pembayaran gaji ke-13 dalam lingkup Pemkab Bulukumba.

Pemkab Bantaeng pun sama, pemerintahnya telah menyiapkan dana Rp4 miliar. Informasi ini diperoleh dari Bagian Keuangan Pemkab Bantaeng.

Dari Sulawesi Barat (Sulbar) dilaporkan, pembayaran gaji-13 PNS di lingkup Pemprov Sulbar direncanakan baru dibayarkan pada awal Juli mendatang. Hal itu diungkapkan Kepala Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Sulbar, Samiran, kemarin.

“Bendahara Setda sementara menyusun rekapitulasi anggarannya berdasarkan jumlah PNS per SKPD. Rekapitulasi anggarannya kemungkinan telah dapat diketahui pekan depan,” jelas Samiran.

Kendati dibayakan bulan Juli mendatang, pemerintah setempat telah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk percepatan proses pembayaran.
“Demi efisiensi pembayaran, administrasinya dipusatkan di sekretariat daerah,” ujarnya.

Pembayaran gaji ke-13 tersebut, kata dia, juga sangat bergantung pada kecepatan bendahara masing-masing Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) memasukkan Surat Permintaan Pencairan Dana (SP2D).

“Gaji ke-13 ini telah diprogramkan dalam APBD 2007 Sulbar. Mekanisme pembayarannya akan dilihat kembali, apakah diserahkan ke masing-masing SKPD seperti pembayaran gaji bulanan atau dipusatkan di Setda untuk lebih mempercepat,” tandasnya. (cr7-k4-k3-nas-adn-sul)

Iklan