ENREKANG(Fajar) — Ratusan ayam ternak milik warga di Desa Bambapuang Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang, dalam satu pekan terakhir, mati mendadak.Karena khawatir ayam mereka mati karena terserang flu burung, warga akhirnya melaporkan hal ini ke Kepala Desa Bambapuang. Kades Bambapuang, Drs Abdul Muis yang menerima laporan warganya, langsung menyurati Dinas Pertanian dan Peternakan Enrekang.

Kepala Bidang Peternakan dr Junwar Syahrir, yang ditemui Jumat 7 September, belum berani memastikan penyebab kematian rartusan ayam milik warga Desa Bambapuang tersebut, apakah terjangkit flu burung atau penyakit lain. Namun Junwar mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan petugas di lapangan untuk memastikan penyebab kematian ayam warga tersebut.

Dia juga mengakui bahwa pihaknya telah menempatkan petugas khusus di setiap desa untuk mengantisipasi masalah flu burung maupun penyakit ternak lainnya. “Hampir semua desa telah dilakukan vaksinasi, terutama di daerah Duri kompleks,” tandasnya.

Sementara itu LaTunrung salah seorang petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan memastikan dalam waktu dekat akan melakukan vaksinasi massal unggas di wilayah
Massenrempulu. “Untuk Desa Bambapuang kita akan melakukan vaksinasi di setiap dusun,” kuncinya.(k4)

Iklan