ENREKANG(Fajar) — Bupati Enrekang H La Tinro La Tunrung menegaskan bahwa perampingan dinas atau unit kerja lingkup Pemkab Enrekang, akan dilaksanakan pada bulan Oktober nanti. Hal ini disampaikan Bupati dalam rapat paripurna di DPRD Enrekang, baru-baru ini.Menurut La Tinro, pemerintah daerah saat ini telah membentuk tim untuk melakukan
pengkajian tentang unit kerja yang akan dirampingkan, dan yang akan dilebur itu, sesuai dengan amanat dalam PP 41 tahun 2007, tentang organisasi perangkat daerah.

Bupati juta menegaskan bahwa, dalam perampingan dinas atau restrukturisasi unit
kerja tersebut, pemerintah daerah akan mengacu pada skala kebutuhan daerah. Sehingga tim yang dibentuk untuk menyusun rancangan struktur organisasi daerah itu, diminta untuk memperhatikan hal ini.

“Yang jelas kita upayakan restrukturisasi ini bisa terlaksana pada Oktober nanti. Yang menghambat kita selama ini karena bayaknya agenda pokok yang juga mendesak untuk dilaksanakan, seperti penyusnan APBD Perubahan dan APBD 2008,” ujar La Tinro.

Sesuai dengan draft yang sementara dibahas oleh tim restrukturisasi, instansi yang
kemungkinan akan dihapus adalah Dinas Tata Ruang dan Lingkungan Hidup. Untuk bidang tata ruang, akan dialihkan ke dinas Pekerjaan Umum, sementara masalah lingkungan hidup akan dialihkan ke Dinas Kehutanan.

Badan Infokom sesuai dalam draf tersebut juga akan digabung dengan kantor perhubungan, begitupun dengan Badan Kependudukan dan KB, bidang yang ditangani badan ini juga akan dialihkan ke beberapa instansi.

“Masalah kependudukan akan ditangani oleh Kantor Sosial, sementara masalah KB akan ditangani oleh Kantor Pemberdayaan Masyarakat (KPM),” kata Asisten Administrasi Umum, Pemkab Enrekang, Budiman Djamaluddin, kepada wartawan,
belum lama ini. (k4)

Iklan