Ranperda Pemekaran 17 Desa

ENREKANG — Dari 18 Rancangan peraturan daerah (Ranperda) pemekaran desa dan kecamatan yang diajukan oleh eksekutif untuk dibahas di DPRD, anggota dewan menemukan bahwa satu desa di antaranya belum memenuhi syarat untuk dimekarkan.Desa yang belum layak dimekarkan tersebut yakni, Desa Pariwang yang terletak di Kecamatan Maiwa.

Desa tersebut dinilai oleh tim Panitia khusus (Pansus) I DPRD Enrekang belum layak terbentuk karena jumlah penduduknya di bawah 1.000 jiwa.

Ketua Pansus I , Nurman SH, yang membahas pemekaran Desa Pariwang, Lembang, Paladang, Kaluppang, Ongko, Labukku serta Desa Tanete, mengatakan bahwa jumlah penduduk sebuah daerah yang layak untuk dimekarkan menjadi desa, minimal 1.000 jiwa, sementara Pariwang saat ini baru memiliki 755 penduduk.

Kendati demikian, Pansus I tetap meminta kepada semua pihak, khususnya eksekutif agar mempertimangkan masalah ini secara bijak.

“Memang pembentukan desa Pariwang belum memenuhi syarat, tapi ini perlu dipertimbangkan karena kondisi masyuarakat setempat akan semakin tertinggal jika tidak dimekarkan,” tandas Nurman dalam rapat gabungan Komisi di DPRD kemarin.

Pariwang lanjut Nurman sudah cukup terisolir karena masih sangat sulit dijangkau oleh kendaraan, sehingga penduduk setempat harus berjalan kaki ketika akan bepergian.

Untuk itu, Nurman beranggapan desa tersebut tetap harus dimekarkan. DPRD akan menetapkan 18 ranperda tersebut dalam sidang paripurna yang akan digelar Sabtu, 29 September 2007.(k4)

Iklan