ENREKANG(Fajar) — Dalam tiga hari terakhir, ruang bagian catatan sipil (capil) Pemkab Enrekang, disesaki para pencari kerja yang ingin mengurus kartu pencari kerja (pencaker). Pemandangan ini mulai terlihat sejak pukul 09:00 hingga pukul 13.00 wita, Rabu 24 Oktober, kemarin.Menurut Kepala Bagian Capil Pemkab Enrekang, Drs Muh Yamin, sejak hari pertama berkantor pasca libur lebaran, tidak kurang dari seratus orang yang datang untuk mengurus kartu pencari kerja.

Menurutnya, membeludaknya masyarakat Enrekang yang mengurus kartu pencari kerja tersebut disebabkan karena dalam waktu dekat akan ada penerimaan pegawai negeri sipil.

“Penerimaan CPNS tahun ini kan sudah menerima pelamar umum, makanya pengurusan kartu pencari kerja meningkat, meski belum diketahui secara pasti apakah penerimaan CPNS itu harus menggunakan kartu tersebut,” kata Muh Yamin, kepada fajar di ruang kerjanya.

Muh Yamin menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir, jumlah pengurus kartu kuning yang tercatat sudah mencapai 700 orang lebih, ini lanjutnya masih akan bertambah, mengingat masih banyaknya berkas pemohon yang belum diproses.

“Ini hanya pengurus yang berpendidikan S1 dan D3, kalau yang SMA, kita belum layani, karena informasi awal, dalam penerimaan CPNS kali ini, tidak menerima tamatan SMA,” ungkapnya.

Dia juga menjamin peserta yang mengurus kartu pencari kerja tidak dikenakan biaya sepeser pun, itu kata dia sesuai dengan Perda yang telah ditetapkan pemerintah daerah.(k4)