ENREKANG(Fajar) — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang Melalui Dinas Pertanian Rakyat, melakukan vaksinasi massal terhadap hewan ternak warga di Kampung Santunan Desa Salo Dua Kecamatan Maiwa.Vaksinasi tersebut dilakukan sejak Sabtu 27 Oktober hingga kemarin. Hewan ternak yang mendapat vaksinasi tersebut, yakni berupa sapi milik para kelompok tani di kecamatan paling selatan Bumi Massenrempulu itu.

Kecamatan tersebut mendapat perhatian yang serius dari pemerintah setempat, karena daerah itu berbatasan langsung dengan Kabupaten Sidrap.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Enrekang, drh Junwar mengatakan bahwa, vaksinasi sapi tersebut dilakukan untuk mencegah penyakit ternak berupa antraks dan penyakit ngorok pada sapi.

“Ini juga dilakukan agar daging sapi dari Enrekang, aman dikonsumsi masyarakat,” terang Junwar kepada wartawan, kemarin. Dalam vaksinasi tersebut kata dia, pihaknya menargetkan sedikitnya 500 ekor sapi yang akan diberikan vaksin anti penyakit antraks dan sapi ngorok.

Sapi tersebut merupakan milik kelompok peternak di Kecamatan Maiwa. Rinciannya, kelompok peternak waspa dengan jumlah 250 ekor sapi, Rappo Uwe 135 ekor, Resmini 102 ekor dan Sinar Harapan 47 ekor.

Vaksinasi secara simbolis dilakukan oleh Bupati Enrekang H La Tinro La Tunrung, dan didampingi oleh Kadis Pertanian, A Rusdianto.

Pada kesempatan itu pula, La Tinro La Tunrung juga menyerahkan bantuan berupa bibit jagung dan padi pada 79 kelompok tani. Bibit padi 25,5 ton dan bibit jagung 23.5 ton untuk luas lahan 150 hektar. (k4)