ENREKANG(Fajar) — Pemilihan gubernur Sulsel secara langsung yang serentak dilakukan di seluruh Kabupaten dan Kota Senin 5 November, kemarin, tidak hanya berdampak pada terhentinya pelayanan di kantor-kantor pemerintahan, tapi juga berimbas pada transaksi di sejumlah pasar tradisional.Khusus di pasar sentral Enrekang, yang hari pasarnya ditetapkan Senin dan Kamis, pada hari pasar kemarin tampak sepi dari penjual maupun pengunjung. Nilai transaksi pun mengalami penurunan yang cukup drastis. Beberapa pedagang yang ditemui Fajar kemarin , mengakui hal ini.

Uceng (47) salah satu pedagang barang campuran di Pasara Sentral Enrekang mengatakan bahwa, kemungkinan besar sepinya pembeli kali ini, disebabkan karena masyarakat melakukan pencoblosan di sekitar kediamannya masing-masing, sehingga tidak punya waktu lagi untuk berbelanja ke pasar.

“Kalau hari pasar sebelumnya, kalau sudah jam 10 begini, kita sudah bisa mendapatkan hasil penjualan antara Rp 700- 1 juta, tapi sekarang sangat sepi,” ujar Uceng, yang ditemui Fajar, Senin kemarin. Dia mengaku hingga pukul 10. 00 kemarin, nilai transaksinya baru sekitar Rp250 ribu.

Tak hanya pengunjung yang sepi, pedagang di pasar tersebut juga sebagian besar memilih untuk tidak berjualan, lantaran meluangkan waktunya untuk memilih pemimpin idaman mereka.

Bahkan penjual ikan pun kurang yang datang menjual. Di los ikan pasar tersebut, hanya sekitar sepuluh orang yang menjajakan ikan laut.

Pasar Sentral Enrekang memang didominasi oleh pedagang dari luar daerah, Seperti dari Kabupaten Sidrap dan Pinrang, serta pedagang antar Kecamatan. Kondisi ini juga berdampak pada penghasilan para tukang ojek yang mangkal di sekitar pasar Enrekang.

Kalau pada hari pasar sebelumnya, mereka mampu meraup penghasilan antara Rp 100-150 ribu per hari, maka pada hari Senin kemarin hal itu sulit dicapai.

“Sepi penumpang pak gara-gara pilkada, tapi begitulah yang namanya rezeki, yang penting pemilihan gubernur ini berlangsung aman,” ujar Rais, salah satu tukang ojek di Pasar Enrekang. Meski mengaku pendapatannya menurun, namun dia masih sempat berdoa, agar Pilkada ini aman.(k4)