ENREKANG(fajar) — Proses pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBDP) yang dilakukan di DPRD Kabupaten Enrekang, erlangsung cukup singkat.Bagaimana tidak, 25 anggota DPRD Enrekang termasuk Ketuanya, hanya menghabiskan waktu dua hari untuk melakukan pembahasan, kemudian menyatakan RAPBDP 2007 tersebut sudah rampung.

Sebagaimana di ketahui, eksekutif baru menyerahkan darft RAPBDP tersebut secara resmi ke DPRD pada Jumat 2 November lalu, dan pembahasan baru dilakukan pada hari Sabtu 3 November kemudian dilanjutkan Selasa 6 November kemarin.

Ketua DPRD Enrekang, H. Achmad Anggoro dan wakil Ketua masing-masing Safruddin dan Mustakim yang memimpin rapat pembahasan kemarin, memutuskan bahwa pembahasan RAPBD tersebut sudah dinyatakan rampung.

Usai rapat, Anggoro kepada Fajar mengakui bahwa DPRD memang buru-buru
dalam melakukan pembahasan tersebut, karena waktu yang tersisa sudah cukup mepet, sehingga dewan tidak ingin menghambat jalannya proses pembangunan dalam perhitungan perubahan ini.

“Pembahasan hari ini (kemarin red) sudah dinyatakan berakhir, namun
pengesahannya baru akan dilakukan pada 8 November nanti. Kita memang terburu-buru
dalam melakukan pembahasan ini, makanya hanya dua hari,” ujar ANggoro di ruang kerjanya, kemarin.

Namun dia juga membantah jika dikatakan pembahasan RAPBD-P menjadi
APBDP kali ini dilakukan dengan cara asal-asalan. “Tidak benar kalau kita dinilai asal-asalan dalam melakukan pembahasan, karena yang dibahas dalam APBD-P itu kan hanya perubahan-perubahan anggaran saja,” kilahnya.

Dia juga mengatakan bahwa, meski sudah dinyatakan final, namun pembahasan kali ini masih akan dilanjutkan dengan rapat kerja dengan beberapa unit kerja, seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Pendidikan.

Dia juga mengatakan bahwa, yang banyak dikoreksi anggota dewan dalam draft
RAPBDP kali ini hanya yang menyangkut proyek fisik dengan anggaran di atas Rp 200 juta.

“Kita tidak loloskan lagi proyek fisik yang usulan baru, apalgi kalau anggarannya di atas
Rp 200 juta, mengingat waktu yang sisa satu bulan lebih lagi,” kuncinya. (k4)

Iklan