ENREKANG — Wakil Bupati Enrekang HM Lody Sindangan mengatakan bahwa kita tidak heran jika banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemkab yang malas berkantor, terutama pada saat kepala daerah sedang tidak di tempat.Lody yang dihubungi via telepon saat akan bertolak ke Jakarta kemarin mengakui jika dalam satu pekan terakhir, aktivitas di Sekretariat Daerah sedikit sepi, lantaran
sejumlah PNS termasuk pejabat daerah banyak yang absen.

Ini lanjutnya, lantaran Bupati La Tinro La Tunrung sedang mengikuti pelatihan Lemhanas di Jakarta. Kalaupun ada PNS yang berkantor, mereka ramai-ramai pulang sebelum jam kantor berakhir.

Lody mengaku tidak berkutik mengatasi hal ini, karena kemalasan PNS memang sudah membudaya. Meski dirinya ditugasi untuk mengawasi kedisiplinan pegawai. “Memang pengawasan pegawai adalah tugas saya selaku wakil bupati, tapi PNS terkesan hanya takut sama bupati, buktinya kalau saya yang pimpin apel pagi, sangat sedikit PNS yang hadir, tapi kalau pak bupati yang pimpin apel, semua PNS hadir,” ujarnya.

Kecenderungan para PNS tersebut yang hanya takut kepada bupati menurut Lody, memang ada benarnya, karena yang mengambil keputusan jika ada pelanggaran PNS selama ini adalah Bupati, bukan wakil bupati. Lody juga menjelaskan, keberangkatannya ke Jakarta kali ini untuk mengikuti kegiatan di Depdagri terkait dengan masalah otonomi daerah. (k4)