ENREKANG — Anggaran yang diusulkan untuk membiayai program peningkatan kapasitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) para legislator Kabupaten Enrekang, ternyata tidak sedikit. Jumlahnya mencapai Rp1,9 miliar.Berdasarkan bocoran yang diperoleh dari tim anggaran eksekutif, biaya pengembangan SDM para wakil rakyat yang terhormat itu, telah tertuang dalam usulan priorotas kegiatan tahun 2008, yang telah diajukan oleh Sekretaris DPRD Enrekang, HM Nur Said ke tim anggaran eksekutif.

Dalam usulan tersebut dijelaskan bahwa sasaran dari kegiatan yang akan menyerap miliaran uang rakyat ini adalah untuk meningkatakan kinerja dan kapasitas SDM 25 anggota DPRD Enrekang, termasuk pimpinan DPRD.

Selain itu, dalam usulan program prioritas 2008 DPRD, salah satu item yang juga menyerap anggaran cukup fantastis adalah rapat konsultasi dan koordinasi ke luar daerah, yang anggarannya diusulkan Rp1,75 M. Sasaran dari kegiatan ini adalah pemantapan koordinasi pembangunan.

Sekretaris DPRD Enrekang HM Nur Said yang dikonfirmasi Fajar melalui telepon mengakui usulan tersebut, namun lanjut dia, ini baru sebatas usulan, dan kemungkinan masih akan mengalami perubahan setelah melalui proses pembahasan.

Dia menjelaskan bahwa program peningkatan SDM tersebut merupakan pelatihan yang akan diikuti para anggota DPRD di luar provinsi. Dalam usulan itu kata dia, sudah termasuk kontribusi peserta, biaya transportasi serta uang saku anggota DPR yang mengikuti kegiatan tersebut.
“Jadi ini baru sebatas usulan, dan anggaran ini sudah mencakup semua, mulai biaya transportasi hingga uang saku,” kata Nur Said. (k4)