ENREKANG– Bupati Enrekang H La Tinro La Tunrung mengatakan bahwa Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk sektor pendidikan pada tahun 2008 ini akan ditambah. Hal ini dilakukan untuk menunjang berbagai program pendidikan di Bumi Massenrempulu, termasuk Peraturan daerah (Perda) tentang pemberantasan buta aksara Alquran.La Tinro yang ditemui di sela acara peresmian dan pelantikan pejabat Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang Sabtu 8 Desember lalu, mengatakan bahwa APBD 2008 Kabupaten Enrekang akan difokuskan pada sektor pendidikan dan Kesehatan.

Khusus dana DAK pada sektor pendidikan lanjut dia, akan bertambah kurang lebih Rp4 miliar. “Tahun ini dana DAK untuk pendidikan Rp 11 miliar, dan pada tahun 2008 nanti, insya Allah akan bertambah menjadi Rp15 miliar,” ujarnya.

Sekadar diketahui, dalam satu bulan terakhir, La Tinro hanya berada di Enrekang setiap akhir pekan, karena sedang mengikuti pelatihan Lemhanas di Jakarta. Dia menambahkan, jika dihitung secara keseluruhan, anggaran yang akan dialokasikan pada sektor pendidikan pada 2008 nanti, mencapai 30 persen dari total APBD, itu termasuk belanja rutin yang meliputi gaji pegawai.

Dalam Draft Kebijakan Umum Anggaran (KUA) 2008 yang dibahas di dewan saat ini, khusus belanja langsung di Dinas Pendidikan, diusulkan sebesar RpRp36.449.348.000 (14.44 persen). “Sektor Kesehatanpun demikian, kita akan lebih fokus pada kesehatan masyarakat, terutama pada program penurunan angka kematian bagi ibu melahirkan, kalau sarana infrastruktur kan sudah memadai,” ujarnya lagi.

La Tinro juga mengungkapkan bahwa APBD Kabupaten Enrekang pada tahun 2008 akan diperkirakan bertambah menjadi kurang lebih Rp491 miliar, dari Rp430 miliar pada tahun 2007. (k4)