Asisten III Temukan Ruangan Pejabat Kosong

ENREKANG — Kedisiplinan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) khususnya di sekretariat daerah, tampaknya sudah menjadi masalah yang kronis dihadapi Pemkab Enrekang.Hal ini diungkapkan Asisten III Pemkab Enrekang, Budiman Djamaluddin, kepada wartawan usai melakukan inspeksi mendadak (Sidak)) ke sejumlah ruangan Kepala bagian di sekretariat, kemarin.

Budiman mengaku sangat prihatin melihat tingkat kedisiplinan para abdi negara itu. Sejak dua hari terakhir Budiman melakukan pemantauan ke ruang kerja sejumlah staf, termasuk para Kepala bagian di Kantor Bupati.

Namun yang didapati adalah ruangan yang kosong. Hanya kursi empuk yang disediakan bagi para Kepala bagian yang terlihat.

Dalam pemantauannya kemarin, mantan kepala Bawasda Enrekang ini mendatangi ruangan Kepala bagian Humas Andi Sujasman, Kepala Bagian Aset Kasmin Karumpa, Kepala Bagian Ortala, M. Yunus R, dan Kepala Bagian Umum Alsam Taqwa.

Namun tak satupun dari mereka yang berada di ruang kerjanya. “Saya tidak tahu di mana mereka kumpul bercerita, karena dari daftar hadir mereka ada, tapi nyatanya ruang kerja mereka kosong,” ungkap Budiman kecewa.

Dia juga mengatakan bahwa, sulit untuk memberikan sanksi bagi staf yang malas, karena justru atasan yang memberi contoh ketidakdisiplinan.

“Kalau staf kita beri sanksi, maka mereka akan mengatakan bahwa sanksi itu hanya berlaku bagi orang kecil, sementara raja-rajanya bebas dari sanksi,” ungkapnya lagi.

Budiman juga mengaku bingung harus memulai dari mana untuk mengembalikan disiplin pegawai tersebut, karena semua lapisan sudah terkontaminasi oleh sikap yang ditunjukkan oleh pegawai lainnya. (k4)