ENREKANG(Fajar) — Anggaran yang disediakan pemerintah daerah untuk mengasuransikan para anggota dewan, ternyata tidak sedikit, yakni mencapai Rp 125 juta setiap tahunnya.Anggaran sebesar itu, dibagi secara merata ke setiap anggota DPRD Enrekang. Setiap legislator, berhak mendapatkan biaya asuransi sebesar Rp5 juta, karena jumlah anggota DPRD Enrekang saat ini sebanyak 25 orang, maka uang rakyat yang dialihkan untuk mengasuransikan legislator tersebut, mencapai Rp 125 juta per tahun.

Ketua DPRD Kabupaten Enrekang, H. Achmad Anggoro yang dikonfirmasi di ruang kerjanya Selasa 22 kemarin mengatakan bahwa anggaran untuk asuransi tersebut, dikerjasamakan dengan lembaga asuransi Bumi Putera.

Anggoro menjelaskan, yang masuk dalam tanggungan asuransi itu, bukan hanya anggota DPRD, melainkan istri dan anak anggota dewan.

“Selain anggota dewan, istri dan anaknya juga masuk dalam tanggungan asuransi, sehingga setiap berobat, para anggota dewan tidak perlu lagi membayar, karena sudah ditanggung pihak asuransi,” ungkapnya.

Bahkan kata anggoro, untuk biaya penggantian kacamata para anggota dewan, itu masuk dalam tanggungan asuransi. Anggaran asuransi ini, memang disediakan setiap tahunnya, dan dari tahun ke tahun tidak pernah mengalami kenaikan.

Dengan demikian, masa tugas anggota DPRD Enrekang saat ini, sudah memasuki tahun ke empat, sehingga bisa diketahui bahwa anggaran asuransi yang telah dihabiskan anggota DPRD selama empat tahun, mencapai Rp1 miliar. (k4)

Iklan