Tujuh Penderita di Satu Kecamatan

ENREKANG — Penyakit filariasis atau yang lazim disebut penyakit kaki gajah, juga menyerang satu Kecamatan di Kabupaten Enrekang.Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Dinas Kesehatan setempat, jumlah penderita filariasis di Kabupaten Enrekang, mencapai tujuh orang. Ke-7 penderita yang sudah masuk status kronis ini, berdomisili di Kecamatan Curio, Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Luwu.

Untuk mengantisipasi menyebarnya penyakit menular ini, Dinas Kesehatan Enrekang akan melakukan aksi minum obat secara serentak di seluruh Kecamatan di Bumi Massenrempulu pada 30 Januari mendatang.

“Sasaran kita adalah seluruh lapisan masyarakat, khususnya anak usia dua tahun ketas, dengan catatan anak tersebut tidak sedang menderita penyakit berat,” ujar Kadis Kesehatan Enrekang, dr Iriani, yang ditemui wartawan usai menghadap bupati, Jumat 25 Januari, kemarin.

Iriani menjelaskan, dalam aksi serentak itu nantinya, pihaknya telah menyiapkan tiga jenis obat yang akan dikonsumsi masyarakat secara gratis. Masing-masing Dietil Carbanasil (DEC), Alebendasol, serta parasetamol.

“Kita juga sudah sosialisasikan ke seluruh desa di tiap-tiap kecamatan, sosialisasi ini juga menurunkan Badan Infokom daerah,” kuncinya. (k4)

Iklan