ENREKANG– Ratusan warga Desa Tapong Kecamatan Maiwa dengan mengatasnamakan diri Forum Masyarakat Desa Tapong (FORMAT) mendesak Pemkab mencopot kepala desa (kades) yang saat ini dijabat Amiruddin Dalle.Desakan itu juga disampaikan warga melalui surat ke Bupati Enrekang, H La Tinro La Tunrung.

Surat yang ditandatangani 295 warga tersebut juga ditembuskan ke DPRD Enrekang, Kapolres, Dandim 1419, serta Kantor Pemberdayaan masyarakat (KPM) dan Kabag Pemdes serta Camat Maiwa.

Warga menuding Amiruddin Dalle telah bertindak otoriter, tidak transparan dalam pengelolaan keuangan desa, dan lebih mementingkan urusan keluarga dalam pelayanannya.

Tokoh Pemuda Tapong, Sahrul Cambang dan Muh Nanca menuturkan warga sudah muak dengan tindakan Amiruddin Dalle.

“Ini merupakan puncak kekecewaan warga dan kami sepakat mendesak Amiruddin segera dicopot dari jabatannya sebelum warga bertindak” tandas Sahrul Cambang.

Sahrul mengungkapkan, warga telah berkali-kali merapatkan persoalan itu sebelum melaporkan ke bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Enrekang.

Sementara itu Kabag Pemdes, Muslimin yang dikonfirmasi membenarkan adanya demo warga yang mendesak Kades Tapong ditindak tegas.

Meski demikian menurut dia, semestinya warga menempuh mekanisme yang ada, melalui musyawarah Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tapong. “Tidak bisa langsung bersurat ke bupati untuk langsung mencopot seorang kepala desa,” tegas Muslimin.
Kendati demikian, Muslimin berjanji memanggil BPD untuk dimintai keterangan.

Kades Tapong Amiruddin Dalle yang ditemui terpisah tidak bergeming dengan tudingan warganya tersebut. Dia malah menuding telah ada pemalsuan tanda tangan warga lain pada surat yang disampaikan ke bupati.

“Selain itu banyak yang bertanda tangan, tapi orangnya ada di perantauan dan saya juga tahu ada beberapa nama yang bukan warga Tapong” kilahnya. (k4)