ENREKANG– Pemeriksaan terhadap pelaksanaan proyek 2007 di Kabupaten Enrekang terus digenjot. Hal itu pun ditegaskan Kepala Inspektorat Daerah, HM Amin Palmansyah bahwa saat ini pemeriksaan proyek di daerahnya tengah menggenjot.

Menurut dia, pemeriksaan pelaksanaan anggaran 2007, terutama sektor belanja modal, harus tuntas hingga Maret 2008 mendatang. Jika tidak lanjutnya, inspektorat bisa dinilai gagal melaksanakan tugas. “Makanya kita genjot pemeriksaan.

Mudah-mudahan bisa rampung sampai Maret mendatang. Kalau tidak, berarti kita gagal dalam melaksnakan tugas,” tegasnya di ruang kerjanya, Selasa 12 Februari kemarin.

Dia menjelaskan, pada 2007 lalu, alokasi anggaran untuk sektor belanja modal, proyek fisik dan pengadaan mencapai Rp160 miliar lebih. “Anggaran ini yang harus kita audit,” tandasnya.

Yang berat untuk diperiksa lanjut mantan Asisten III Setda Enrekang itu di antaranya nggaran yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum (PU). “Alasannya medan proyek yang harus diperiksa sangat jauh sehingga membutuhkan waktu yang lama. Namun kami sudah membentuk enam tim pemeriksa yang solid,” paparnya.

Meski demikian Amin masih menolak berkomentar tentang hasil pemeriksaan yang telah dilakukannya. Alasannya laporan auditor belum rampung. Yang pasti banyak persoalan yang ditemukan.

“Idealnya proyek jalan dilakukan perawatan minimal lima tahun, namun kenyataannya, baru sepakan rampung, jalannya sudah rusak. Ini kan salah satu masalah yang ditemukan di lapangan,” ungkap Amin. (k4)