Acara Peringatan HUT Didanai APBD

ENREKANG– Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-48 Kabupaten Enrekang tahun ini menggunakan dana APBD 2008. Meski dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 59/2007 tentang pengelolaan keuangan daerah, tidak membenarkan kegiatan seremonial didanai APBD.

Ketua Panitia, MAmiruddin yang dikonfirmasi mengakui bahwa anggaran yang digunakan untuk perayaan HUT tersebut bersumber dari APBD 2008. Namun lanjutnya, dana tersebut bersumber dari pos bantuan sosial.

Berapa anggaran yang dihabiskan selama kegiatan tersebut? Amiruddin enggan menjelaskannya secara rinci. “Saya belum tahu berapa total anggaran yang kita akan gunakan.

Dananya memang bersumber dari APBD, namun kita ambil dari pos bantuan sosial. Jadi tidak ada nomenklatur perayaan HUT dalam APBD,” ungkapnya.

Kendati demikian menurut dia, apapun alasannya, dana tersebut tetap bersumber dari APBD. Namun saat ditanyakan, Asisten I, bidang pemerintahan Pemkab Enrekang itu tetap berkilah bahwa dana itu hanya bersumber dari pos bantuan sosial.

Amiruddin menambahkan, perayaan HUT kali ini dilakukan secara sederhana, tidak seperti tahun lalu.

“Kalau tahun lalu, ada pawai dan beberapa acara seremonial lain, maka tahun ini kita hanya merayakan secara sederhana,” tandasnya seraya menambahkan setelah upacara dan sambutan dari gubernur serta laporan hasil pembangunan yang disampaikan bupati, langsung ada kunjungan ke rumah sakit dan kantor bupati yang baru. (k4)