2009 Penerimaan Mahasiswa

ENREKANG– Dalam menunjang visi dan misi Kabupaten Enrekang sebagai daerah agropolitan yang mandiri dan berkelanjutan, pemerintah daerah berupaya menghadirkan perguruan tinggi bidang pertanian.Upaya itu tampaknya segera terealisasi menyusul adanya penandatanganan antara Pemkap dengan Koordinator Kopertis IX tentang pendirian politeknik pertanian (politani) di kantor bupati, Jumat 14 Maret kemarin.

Seusai penandatanganan MoU tersebut, Koordonator Kopertis IX, Prof Aminuddin Salle mengatakan, pendirian politani itu diharapkan mampu melahirkan tenaga terampil yang siap pakai untuk menunjang tercapainya Enrekang sebagai daerah agropolitan.

Dalam waktu dekat ini lanjut Aminuddin, Kopertis melakukan survei ke beberapa sekolah, baik SMA maupun SMK di Enrekang guna mengetahui potensi calon tenaga terampil yang akan dilahirkan politani. “Kalau dari segi sarana dan prasarana, Pemkab telah menyiapkan kantor bupati lama sebagai gedung perkuliahan.

Sekarang yang harus dilakukan, di antaranya membentuk yayasan yang menjalankan perguruan tinggi tersebut,” ujar Aminuddin.

Di tempat terpisah, ketua tim agropolitan Enrekang dari Unhas Makassar, Prof Badrun Zakaria mengatakan, politani tersebut tidak hanya menerima siswa lulusan SMA-SMK Enrekang, tapi juga daerah lain di Sulsel. “Mahasiswa nantinya difokuskan pada sektor pertanian dan pengolahan hasil pertanian,” ungkapnya.

Bupati Enrekang, La Tinro la Tunrung mengatakan, Pemkab akan menerima siapapun yang ingin bekerja sama dengan daerah untuk membentuk yayasan sebagai syarat mendirikan politani. “Kita sudah sepakat 2009, politani sudah menerima mahasiswa baru. Sebenarnya rencananya awal 2008 ini sudah menerima mahasiswa, tapi karena pembangunan kantor bupati baru telat rampung, maka kita menundanya,” ujar La Tinro. (k4)