ENREKANG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang saat ini tengah merancang jaringan internet yang bisa menjangkau seluruh kecamatan di Bumi Massenrempulu. Jaringan itu juga nantinya akan menghubungkan seluruh unit kerja lingkup Pemkab.Dalam upaya merealisasikan program itu, Pemkab saat ini telah menghadirkan dua perusahaan swasta yang akan menangani hal itu.

Bahkan perusahaan yang berasal dari Jakarta itu telah memaparkan rancangan jaringan dimaksud di hadapan para kepala SKPD di ruang rapat Kantor Bupati Enrekang, Rabu 26 Maret kemarin.

Dalam pemaparannya, Hendra Budi Rahman dari PT Jetset Antero Persada dan Tongam L Tobing dari PT Mitra.Com Total Solution menjelaskan, jika kerja sama itu berjalan, maka ada dua sistem jaringan yang akan digunakan. Yang pertama katanya, sistem satelit dan fiber optic atau jaringan kabel.

“Kita tinggal melihat kondisinya. Kalau memang jaringannya sulit dijangkau dengan sistem fiber optic, maka kita gunakan satelit. Yang jelas nantinya, semua unit kerja dan kecamatan sudah bisa mengakses internet. Kita juga akan bangun di beberapa titik yang bisa dijangkau masyarakat,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Badan Infokom Enrekang, Muh Arfah mengatakan, pada dasarnya Pemkab sangat merespons sistem yang ditawarkan kedua perusahaan tersebut.

Sekarang Pemkab telah mengkaji penawaran itu sebelum melakukan kerja sama. “Kita kaji dulu berapa anggaran yang harus disediakan, termasuk seperti apa mekanisme dalam kerja sama itu nantinya,” ungkap Arfah. (k4)