ENREKANG– Kebutuhan akan pegawai negeri sipil (PNS) Kabupaten Enrekang masih tergolong cukup tinggi. Buktinya pada 2008 ini, melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Pemkab meminta jatah sekitar 2.000 orang. Angka yang masih cukup pantasitis untuk tingkat kabupaten.Kepala BKD Enrekang, Drs Nur Hazan di ruang kerjanya, Kamis 17 April kemarin mengatakan, usulan untuk pengadaan CPNS 2008 itu telah diserahkan ke BAKN pusat. Sekarang lanjutnya, BKD sisa menunggu kebijakan BAKN.

“Formasi yang kita usulkan memang cukup tinggi yakni 2.086 orang. Tapi itu kan hanya usulan, tergantung pemerintah pusat, berapa yang disetujui,” ujarnya.

Dari formasi yang diusulkan tersebut katanya, masih didominasi tenaga kesehatan, guru, dan tenaga teknis lain. Misalnya untuk tenaga kesehatan, Pemkab mengusulkan jatah 213 orang dan tenaga guru sebanyak 913 orang. “Sementara untuk tenaga teknis lainnya, termasuk penyuluh pertanian kita minta jatah 960 orang,” jelasnya.

Memang kata mantan Kepala Badan Infokom Enrekang itu, kebutuhan tenaga guru dan kesehatan termasuk tenaga penyuluh pertanian saat ini masih sangat tinggi. Karena itu, penerimaan CPNS 2008 ini, masih memprioritaskan ketiga sektor tersebut, terkecuali tenaga honorer.

“Tenaga honorer yang belum terangkat saat ini masih sekitar 200 orang. Itu pun sudah bukan urusan Pemkab lagi, melainkan pemerintah pusat,” tandansya. (k4)